Thursday 30 January 2014

Pruritis Sulit Hilang

Tanya:
Maaf dok, mo konsulitasi tentang kulit. Saya punya sepupu yang alergi kulit, kalo tidak salah katanya pruritis, kakinya gatal-gatal bintik berair di sekitar punggung telapak kaki sampai mata kaki,pantat juga jerawatan. Dia sudah ke beberapa dokter spesialis kulit,dokter menyarankan untuk selalu pakai apapun yang dari katun dan harus serba bersih dari debu dan serangga, kemudian harus pakai sabun&sampo bayi serta diberi pelembab khusus. Menurut dokter hal itu disebabkan kulitnya yang kering dan ada kemungkinan genetik sehingga tidak bisa disembuhkan, hanya bisa diantisipasi dengan menjaga kebersihan dan sepertinya ribet sekali karena debu kan ada dimana-mana.Yang saya ingin tanyakan apakah memang betul tidak bisa disembuhkan ? karena berbagai obat sudah dicobanya, jika bisa tolong saya diberitahu bisa disembuhkan dengan apa, dimana dan biayanya berapa ? saya kasihan melihatnya karena sangat mengganggu aktivitas kerjanya, dia sangat minder dengan keadaannya jika ada yang melihat kakinya dan pacarnya juga akan mengajaknya menikah tapi dia ragu karena malu dengan keadaanya yang sampai sekarang pacarnya belum mengetahui, atas saran dan bantuan dokter saya ucapkan banyak terimakasih.

nina, 24 tahun

Jawab : 
Halo Nina, mohon maaf apabila jawaban ini sangat terlambat. Pruritis atau Pruritus adalah terminologi medis untuk kondisi gatal-gatal. Biasanya orang yang memiliki pruritis akan terus menerus menggaruk bagian yang gatal, bahkan kadang sampai menimbulkan luka. Salahsatu penyebab pruritis memang karena alergi, selain itu penderita diabetes juga lazim mengalami pruritis. Oleh karena itu, anjuran dokter untuk menghindari debu dan serangga adalah benar. Memang kalau secara logika kedengarannya sulit, tapi sebetulnya hal ini bisa dilakukan dengan selalu menjaga kulit bersentuhan dengan debu atau sisa-sisa serangga (debris), dengan cara selalu menggunakan pakaian yang bersih, terutama saat mau tidur. Setelah bepergian, langsung mengganti pakaian dan mandi, barulah menggunakan pakaian rumah yang bersih. Sebaiknya jangan menggunakan pakaian yang sama sepanjang hari, karena debu dan keringat bisa memicu timbulnya gatal.

Usahakan seprai tidur juga selalu bersih, jangan pernah "naik" ke tempat tidur dalam kondisi kaki kotor dan juga dengan masih menggunakan pakaian yang baru dipakai bepergian. Alergi memang tidak bisa disembuhkan, tetapi bisa dihindari. Gunakan selalu talk bayi yang tidak mengandung parfum dan bersifat hypoallergenic agar kulit tetap kering. Untuk gatal-gatal yang telah menimbulkan luka, mintalah pada dokter Anda salep yang bisa digunakan untuk mengobati luka sehingga bisa sembuh dan bekasnya pun memudar.

Yang cukup bisa membantu, cobalah ajak sepupu Anda untuk selalu mengkonsumsi buah-buahan segar dan sayuran segar (lalap), karena sayur-sayuran dan buah-buahan segar banyak mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk merawat kulit dan membantu pembentukan sel-sel baru, sehingga walaupun kulitnya banyak terdapat bekas garukan, insya Allah perlahan-lahan bisa memudar. Demikian yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi Anda dan sepupu Anda. Salam dari Mediasehat!

Sumber: Media Sehat

0 comments:

Post a Comment