Sunday 19 January 2014

Jerawat di Tubuh

Tanya:
Dok! Sudah lama saya punya masalah dengan kulit saya sejak remaja kira-kira umur 15 th sampai sekarang dikulit saya selalu muncul jerawat baik yang kecil maupun yang besar dan kalau jerawat tersebut telah sembuh noda bekasnya sulit hilang selama beberapa bulan, selama itu berjalan muncul kembali jerawat-jerawat baru dibagian tubuh yang lainnya. Awalnya sih cuma jerawat biasa yang suka ada diwajah setiap remaja, tetapi saya merasa ada sedikit kejanggalan karena gejala tersebut tidak kunjung sembuh sampai sekarang saya berumur 27 bahkan sejak beberapa tahun kebelakang sampai dengan sekarang jerawat-jerawat tersebut lebih banyak muncul di bagian-bagian tubuh saya yang lain seperti; lengan, punggung, pantat dan bagian dada padahal tangan saya jarang mengorek-gorek jerawat karena saya tahu dapat menimbulkan infeksi dll sehingga membuat saya sedikit kurang percaya diri, padahal pola hidup saya normal-normal saja tidak banyak mengkonsumsi makanan berlemak berlebihan cukup dengan 2 kali makan dalam 1 hari dan makanan kecil kalau lagi mood, jam tidur saya sekitar 6 - 7 jam/hari, juga saya terkadang berolah raga jonging dll selama kurang lebih 4 jam/minggu. Dikeluarga saya tidak ada yang memiliki masalah dengan kulit atau jerawat dan memang saya belum pernah mencoba untuk berobat atau konsultasi dengan dokter karena saya beranggapan mungkin penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya tapi itupun saya merasa ragu karena sudah menahun. Yang ingin saya tanyakan;

  1. Ada masalah/kelainan apa dengan kulit saya ?
  2. Pengaruh dari manakah penyakit ini sehingga bisa muncul pada diri saya?
  3. Kenapa selama lebih dari 10 th penyakit tersebut tidak kunjung sembuh?
  4. Penyakit apakah ini namanya ? dan,
  5. Bagaimana solusinya agar dapat sembuh dari penyakit jerawat tersebut ?

Budimansyah, 27 tahun

Jawab:
Dear Budimansyah,
Kemungkinan besar memang yang Anda alami adalah jerawat. Jerawat memang tidak melulu harus muncul di wajah. Biasanya jerawat muncul pada bagian kulit yang memiliki pori-pori agak besar, dan biasanya lagi, bagian-bagian tubuh tersebut sulit dibersihkan, atau misalnya selalu tertutup (ter-ungkeb) oleh pakaian yang mungkin tidak menyerap keringat dengan sempurna.

Satu hal yang memang penting untuk dicermati, hormon androgen pada pria memang bertanggung jawab salahsatunya dalam hal produksi sebum yang berlebihan, itulah kenapa biasanya pria cenderung mudah mengalami jerawat (misalnya pada usia remaja baligh, saat perkembangan hormon androgen sedang meningkat drastis), dan biasanya wanita yang mengalami jerawat yang parah pada umumnya memang memiliki kadar hormon androgen yang lebih tinggi dari wanita normal pada umumnya.

Ada beberapa hal yang bisa membantu setidaknya mengurangi, atau bahkan bisa mengatasi kondisi jerawat Anda.

  1. Saat ini hampir semua pakaian mengandung serat sintetis yang kurang baik dalam menyerap keringat berlebih. Oleh karena itu, gunakan pakaian dalam yang mengandung serat katun alami, karena serat katun mampu menyerap keringat dengan baik. Dan gantilah lebih sering jika perlu, terutama jika Anda termasuk kategori orang yang mudah berkeringat. Jadi kalau perlu bawalah kaus dalam dan celana dalam ganti saat Anda ke kantor supaya Anda bisa selalu menggunakan kaus dan celana dalam yang bersih dan kering.
  2. Pola makan yang berantakan, tidak teratur, dan gizi tidak seimbang juga mudah memancing jerawat (hubungannya dengan keseimbangan hormon), dan sebaiknya hindari jenis-jenis makanan tertentu yang dapat memancing jerawat, seperti coklat, makanan berlemak (tidak selalu harus dalam bentuk daging, misalnya sepotong croissant memiliki lemak yang cukup tinggi karena pembuatannya menggunakan lemak yg disebut corsvet), kuning telur dan olahannya, kurangi konsumsi susu dan olahannya. Perbanyak makan buah-buahan segar yang mengandung vitamin A, C dan E yang selain berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas, juga bisa membantu menyehatkan kulit.
  3. Minum supplemen yang mengandung ketiga vitamin tersebut. Paling mudah Anda cari saja suplemen yang mengklaim diri sebagai vitamin untuk kulit/kecantikan karena biasanya kandungan vitamin dan mineralnya cukup lengkap dalam satu tablet.
  4. Banyak minum air putih. Dengan banyak minum air putih, darah pun menjadi bersih karena terjadi pergantian cairan, sehingga kotoran-kotoran di dalam darah akan terbuang lebih sering.
  5. Rutinlah mandi dua kali sehari untuk membuang kotoran-kotoran dan debu yang menempel di kulit. Jangan sering-sering menggosok kulit terlalu kencang apalagi menggunakan alat penggosok karena bisa memancing iritasi. Jangan pula terlalu sering menggunakan sabun atau bedak yang mengandung antiseptik, karena kadang-kadang sabun atau bedak tersebut malah memancing iritasi yang mengakibatkan kulit Anda akan lebih mudah berjerawat. Cobalah cara alami seperti mandi dengan rebusan air sirih setidaknya setiap hari. Sirih mengandung antiseptik alami yang dapat membantu menyembuhkan infeksi pada kulit, termasuk juga jerawat.
  6. Jika perlu, gunakan losion antijerawat pada jerawat-jerawat Anda. Waktu yang paling tepat menggunakan sediaan topikal adalah saat setelah mandi, karena pori-pori masih terbuka yang bisa membantu penyerapan obat lebih maksimal.
Cobalah rutin mengikuti saran kami di atas setidaknya untuk sebulan penuh (jangan terputus), dan mungkin Anda akan mulai merasakan perbedaan yang signifikan walaupun tidak drastis. Apabila masih dirasakan sangat mengganggu, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut.

 Semoga berhasil ya, salam dari Mediasehat!

Sumber: mediasehat.com

0 comments:

Post a Comment