Thursday 16 January 2014

Bintik Bening Berair Gatal di Kaki dan Tangan

Tanya:
Yth. dr.Esti di kedua kaki/tangan saya sering keluar (kadang2 keluar/tdk) bintik bening dan berair kadang terasa gatal, apabila timbul bintik banyak/rapat kadang menjadi satu dan menjadi seperti melepuh, kalau dipecah/pecah sendiri (pakai sepatu) bisa menjadi koreng/infeksi, gatal2 ini sudah ber-tahun2 meskipun sudah ke dokter tapi juga tidak bisa sembuh. dok, sebenarnya ini jamur atau bakteri kenapa bisa sampai bertahun2 ? dan mohon saran obat/salep apa agar bintik itu tidak keluar/mengurangi, saya sudah coba macam2 salep (ex. betason, oxytetracylin, hydrocortison dll) tetapi tetap saja ada/timbul lagi, trim's atas penjelasannya
Kriswanto, 31 tahun

Jawab:
Dear ananda Kriswanto, Tepatnya di bagian kedua kaki atau tangan mana bintik-bintik bening berair itu muncul ? Bagian telapak tangan-kaki atau du sela-sela jari atau bagian-bagian lainnya ? muncul simetri di kanan-kiri tangan atau kaki ini (posisi kanan - kiri sama) atau acak saja ? Ada beberapa kelainan kulit dipicu oleh semacam virus atau kutu air, yang memberi gejala serupa yang ananda alami. Dermatitis kontak juga bisa bersifat demikian bila masih dalam keadaan ringan.

Coba perhatikan sekali lagi penyakit kulit ini sudah sering timbul-hilang terus menerus, lalu meninggalkan bekas atau tidakkah, ketika agak mereda ? Kalau penyakit ini penetrasinya tidak dalam, maka tidak meninggalkan bekas bermakna, penyebabnya lebih cocok berupa sebangsa binatang-binatang kecil atau dermatitis kontak ringan. Walau demikian tetap perlu penanggulangan tuntas.

Langkah preventif dapat dilakukan dengan menjaga kehigienisan kulit dan benda-benda sekitas yang sering tersentuh kaki dan / atau tangan. Kalau di rumah, menggunakan sandal / sepatu, kebersihannya harus dijaga dengan benar - bagian dalamnya dicuci bersih dan jemur di bawah sinar matahari secara teratur. Kalau penyakit bintik gatal berair itu sudah muncul, ada baiknya untuk menghindari infeksi sekunder (yang kemudian bisa jadi koreng, dll).

Salah satu cara mudah untuk mempercepat proses penyembuhan, adalah dengan hati-hati menusuk bintik berair dengan jarum halus "steril" (rendam / cuci dengan alkohol, sebelum - sesudah menusuk satu bintik), keluarkan cairan dengan menekannya dengan menggunakan kain kassa atau kapas bersih (supaya cairan tidak mengenai jaringan kulit sehat di sekitarnya), lalu kompres dengan cairan Rivanol (kapas yang telah dibasahi Rivanol) untuk menutup bekas tusukan atau bisa juga dengan lembar daun sirih yang telah dilemaskan dengan memanasinya di api kecil.

Untuk obat-obatan, yang paling mudah adalah pemakaian obat anti gatal plus antihistamin lokal seperti caladine atau bedak anti gatal yang sudah banyak ada di pasaran. Kalau memang bintik gatal berair ini akibat infeksi jamur atau bakteri, barulah benar penyembuhannya menggunakan obat gatal topikal plus antiinfeksi jamur / bakteri.

Obat-obatan topikal yang ananda pakai : 
1. Betason, itu biasa digunakan untuk eksim, dermatitis kontak, alergi, neurodermatitis, dll.
2. Oxytetracyclin, obat antibiotik. Penyakit kulit dengan infeksi bakteri.
3. Hidrokortison, biasa digunakan untuk penyakit kulit akibat alergi, eksem.

Obat-obatan di atas, walaupun topikal (aplikasi di kulit), adalah obat yang tergolong keras. Kemungkinan kenapa tiga obat ini tidak manjur adalah -) Tidak disiplin. Apakah ananda cukup rajin menggunakannya atau apakah ananda menggunakannya sesuai anjuran dokter yang memberikan ?! Yah.. kalau tidak, bagaimana bisa sembuh ?! -) Skeptikal. Keraguan diri akan obat yang diberikan ini termasuk defek psikologis.

Karenanya obat 'tidak diterima' dengan baik oleh tubuh, sehingga obat jadi tidak bisa bekerja dengan semestinya. -) Ketidak cocokan obat dengan penyakitnya, dengan kata lain obat yang diberikan tidak bisa menyembuhkan penyakit. Yang manakah ananda ini ? Sekarang yang jelas, ananda harus bisa menganalisa sebenarnya apa yang menyebabkan penyakit kulit ini muncul.

Ananda bilang bintik gatal ini kadang muncul kadang tidak, dan ini telah berjalan menahun, dan walaupun sudah ke dokter tapi tidak sembuh-sembuh juga. Makanya perlu saya tekankan pada ananda untuk lebih tahu kenapa penyakit ini bisa muncul. Mungkin karena alergi ?! dermatitis kontak (penyakit kulit karena kontak dengan sesuatu, bisa dianggap juga penyakit alergi) ? Sekarang lihat diri ananda, sudah terjaminkah kehigienisan diri dan sekitarnya ?! Bagaimana juga dengan kebersihan pakaian dan sprai tidur yang ananda pakai, sudah terjaminkah? Untuk penggunaan sepatu atau sendal dengan bagian depan tertutup, seperti yang susah saya sebut di atas, cuci dan jemur di bawah sinar matahari dengan seksama. Kalau tidak sempat mencuci, jemur saja di bawah matahari langsung.

Pencucian dengan penjemuran atau penjemuran langsung ini untuk mencegah kemungkinan adanya bakteri ataupun jamur berkembang biak di dalam situ. Ada kemungkinan juga ada kontaminasi di air yang dipakai sehari-hari di lingkungan ananda, perlu diperiksa kemungkinan adanya kebocoran pipa dan septic-tank. Kalau perlu gunakan cairan desinfektan larut air dengan konsentrasi tertentu (contoh produk desinfektan mandi detol atau betadine), dapat digunakan saat muncul penyakit kulit yang ananda keluhkan, untuk menghindari infeksi sekunder.
Demikian keterangan dari saya, semoga dapat membantu.

Bersama dr.Esti

Sumber: mediasehat.com

39 comments:

  1. Saya jg punya mslah yg sama,ditelapak kaki suka kluar bintik bening berisi air dan gatal. Bila digaruk lukanya itu bolong,dan ini sdh lama terjadi. Mohon penjelasan penyakit apa ya dok dan bgmna cara pengobatannya. Mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udh dpt obat ny blm gan.. Saya jg sama ni.. Benjolan di tlapak kaki berarir.. Udh lama g sembuh2.. Ingo nya donk

      Delete
    2. say puna masalah,telapak tangan dan jari saya suka keluar bintik kecil dan berarir. Ini sudah lama .Diobatin hilang trus muncul lagi.Gimana sarannya ini

      Delete
  2. Saya juga mengalami hal yg sama di telapak tangan, disela jari dan juga di kaki ada bintik kecil gatal dan berair.
    Bahkan di tangan dan kaki saya juga sering muncul bentol2 seperti di gigit nyamuk dan itu sangat banyak bentol2 nya, bahkan terkadang sampai keseluruh tubuh. Kenapa ya dok ? Mohon info nya.. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udh dpt obat ny blm mbk... Info nya donk saya jg ngalamin kaya gitu... Benjolan gatal berair lama g sembuh

      Delete
  3. ini seperti yang saya alami dulu sempat mengalami masa parah juga, infeksi sampai telapak kaki kanan kiri saya diperban,lalu ke dokter 2x(beda dokter) dan dapet salep juga 2 salep berbeda + sampai cek gula darah tetap saja gak ngefek. lalu saya putuskan untuk mengurangi aktivitas hasilnya penyakitnya berkurang sedikit demi sedikit. saya sembuh dari penyakit itu pada saat saya liburan sekolah karena saya gunakan untuk istirahat total dan mengobati rutin pakai salep dokter setelah mandi/terkena air.

    menurut saya mungkin harus istirahat + pengobatan rutin. kenapa istirahat? karena kaki bagian tubuh yg digunakan untuk berjalan tentunya, jika bintik tersebut sampai terluka dan masih beraktivitas(kerja/sekolah/dll) mungkin hasilnya seperti saya,sampai infeksi di telapak kaki karena bintik tsb awalnya kecil lama-lama pecah lalu lubang dan timbul bintik lagi pada lubang yg awal tadi tapi bintiknya makin lama makin gede dan pecah menimbuklkan luka.

    saya sembuh sekitar 5-6 bulan, menurut saya penyakit tsb timbul karena faktor kebersihan alas kaki(sepatu&kaos kaki)

    just sharing
    :))

    ReplyDelete
  4. Gatal bening apa obatnya dokk d garukk malahh tambahh menularr

    ReplyDelete
  5. dokter aku sering gatal bentol2, kadang ada bintik kecil berair. knapa ya?

    terus kalau udara terlalu panas atau dingin suka gatal, bentol2.

    ReplyDelete
  6. Dokter, 2 jempol kaki dan 1 jari tangah kaki saya sering timbul bintik berair kadang gatal kadang juga tidak. Bintik ini awalnya kecil dan banyak. Lama-lama, menyatu menjadi satu yanh besar. Tidak pernah hilang sudah 2 tahun. Saya pernah mengeliarkan airnya tapi infeksi dan luka. Setelah lukanya sembuh, bintiknya hilang. Eh, satu minggu kemudian muncul lagi sampai sekarang

    ReplyDelete
  7. Saya juga mempunyai gatel bintik putih dan berair bening di mata kaki saya itu penyakit sudah bertahun" di kaki saya,Berbagai salep saya pakai tetap saja tidak sembuh .
    Lalu saya coba" pakai salep cina (KL) alhamdulillah udah gak gatel udah gak korengan . Tpi masih ada sedikit hitam . Mungkin itu masih ada kuman nya tpi saya tetap pakai kan salem KL nya. Kira" ada yg tau gak obat cina yg ampuh untuk menghilangkan hitam di bekas koreng ?

    ReplyDelete
  8. Sy juga mengalami hal yg sama di telapak kaki kiri saya sdh dinkasi salep dr dokter tambah besar dan gatal

    ReplyDelete
  9. Sy juga mengalami hal yg sama di telapak kaki kiri saya sdh dinkasi salep dr dokter tambah besar dan gatal

    ReplyDelete
  10. Saya jg mengalami hal seperti itu, biasanya tipikal telapak kaki yg gampang berkeringat, apalagi memakai sepatu seharian, kalau saya sembuh ketika di perjalanan dan dikantor hanya memakai sendal, sepatu saya pakai ketika rapat dan bertemu atasan saja. Jika tidak memungkinkan, selalu ganti kaos kaki dan sepatu setiap hari, sepatu jgn hanya 1 dipakai setiap hari, beli banyak sepatu, jika tidak dipakai harus dlm kondisi kering(tdk lembab), seminggu sekali di jemur sepatunya. Kalau yg ditangan kemungkinan kena deterjen (alergi) Semoga lekas sembuh.

    ReplyDelete
  11. Kalo saya di telapak kaki, telapak tangan, atau di ujung2 jari nya itu ada bintik kecil2 berair tpi tidak timbul jdi di dalam kulit nya terlihat bnyak bintik kecil berair.sudah bertahun2 juga sprti ini tpi ada masa smbuh nya juga, intinya setahun sekali psti terjadi gatal2 sprti itu. Smbuh nya kdang satu bulan, nnti tahun dpan nya lgi psti kya gni lagi tpi dibulan yg brbeda namun stiap tahun psti kya gini. Itu kira2 knpa yaa? Kalo alergi atau akibat pemakaian sepatu/kaos kaki kurang bersih ga mungkin soal nya ini terjadi ny sprti berjadwal gitu, setahun sekali psti bkal kya gini dan gatal ny itu ga bisa ditahan smpe digesek2in dikasur kalo mau tidur saking gatel nya. Tolong minta penjelasan nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama nih. Ada obat buat ngehilanginnya gak ya, mohon infonya. Thanks.

      Delete
  12. Saya juga sedang mengalaminya sekarang. Oh No. :'<

    ReplyDelete
  13. Halo dok.. sy sedang mengalami gatal-gatal. Awalnya bentol kecil, bekas luka goresan yang terasa gatal. Sy garuk akhirnya bentol jadi pecah mengeluarkan cairan bening. Semakin lama semakin lebar, kulit sekitarnya jadi memerah dan retak-retak seperti melepuh mengeluarkan cairan bening dan terasa amat gatal.bentol kecil yang awal muncul jd menghitam. Sy coba dumek, salep dan resep obat dari dokter umum. Gatal malah makin berair dan kemerahan kulit makin melebar, gatal dan terus mengeluarkan siaran bening. Adakah tips atau info untuk jenis penyakit yang sy derita ini?

    ReplyDelete
  14. Halo dok.. sy sedang mengalami gatal-gatal. Awalnya bentol kecil, bekas luka goresan yang terasa gatal. Sy garuk akhirnya bentol jadi pecah mengeluarkan cairan bening. Semakin lama semakin lebar, kulit sekitarnya jadi memerah dan retak-retak seperti melepuh mengeluarkan cairan bening dan terasa amat gatal.bentol kecil yang awal muncul jd menghitam. Sy coba dumek, salep dan resep obat dari dokter umum. Gatal malah makin berair dan kemerahan kulit makin melebar, gatal dan terus mengeluarkan siaran bening. Adakah tips atau info untuk jenis penyakit yang sy derita ini?

    ReplyDelete
  15. Thanks dok, sangat membantu. Saya juga mengalami bintik air itu, Memang penyebab utamanya adalah faktor kebersihan lingkungan, lantai yg berdebu, jarang dipel (maklum anak kost)๐Ÿ˜
    Skrg dah ketemu jawabannya. Makasih dok.

    ReplyDelete
  16. Thanks dok, sangat membantu. Saya juga mengalami bintik air itu, Memang penyebab utamanya adalah faktor kebersihan lingkungan, lantai yg berdebu, jarang dipel (maklum anak kost)๐Ÿ˜
    Skrg dah ketemu jawabannya. Makasih dok.

    ReplyDelete
  17. Gosok pake air jeruk pecel/nipis/lemon gan pas mau mandi habis itu kalo mandi pake dabun jf sulfur 1minggu tuntas...
    Tapi kalo kena air jeruk rasanya hot bgt lo gan..���� haruss dikit di tahan...����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas ?? Langsung sembuhkah ?? Karena kondisi kaki saya akibat luka, dan sekarang kondisinya bengkak ditambah bruntusan yg keluar air terus menerus

      Delete
    2. Coba pake pritacort tablet. Bisa jadi gatal itu alergi makanan atau cuaca.saya pernah ada gelembung di jari kaki bahkan sampai mengeluarkan darah segar .saat gelembung bening pecah trus darah mengalir dengan sendirinya tanpa bisa dicegah. Rasanya gatal panas campur sakit. Hingga akhirnya ada pegawai apotik menyarankan priracort. Saya rajin minum tiap hari 1 kali saja. Alhamdulillah sembuh tanpa meninggalkan bekas. Ada teman saya yang alergi saat menyentuh tabung lpg sanpai tangannya melepuh kayak terbakar. Tak suruh nyoba pake priracort .eh hanya minum 3 biji langsung kering dan sembuh tanpa bekas. Moga bermanfaat...

      Delete
  18. Sy juga mengalami seperti itu di bagian mata kaki muncul bintik2 berair dan gatal sudah bertahun2 sempat sembuh lalu muncul lagi begitu seterusnya . Periode muncul bintik2 berairnya diantara bulan feb-juli itu yg slalu sy perhatikan , pdhl sudah minum obat dr dokter dan sudah diberi salep namun selalu muncul lg setiap tahun . Tidak adakah obat yg secara permanen bisa menyembuhkan bintik2 gatal ini? Karena sangat mengganggu secara tampilan juga .

    ReplyDelete
  19. Sy juga mengalami seperti itu di bagian mata kaki muncul bintik2 berair dan gatal sudah bertahun2 sempat sembuh lalu muncul lagi begitu seterusnya . Periode muncul bintik2 berairnya diantara bulan feb-juli itu yg slalu sy perhatikan , pdhl sudah minum obat dr dokter dan sudah diberi salep namun selalu muncul lg setiap tahun . Tidak adakah obat yg secara permanen bisa menyembuhkan bintik2 gatal ini? Karena sangat mengganggu secara tampilan juga .

    ReplyDelete
  20. Cape gw baca artikel sono sini tentang penyakit itu , tapi ga da satu pun dokter yg pinter ngasih tau obatnya apa , yg ada malah panjang lebar jelasin yg ga jelazZ

    ReplyDelete
  21. Cb kasih mycoral tablet 500gram.
    Saya jg ngalamin bentol2 berair di telapak kaki bertahun2, berobat jg g sembuh2, smpe stres bngt. D beliin temen itu langsung kering n nglontok kulit lama yg Uda rusak ganti kulit baru. Lega rasax

    ReplyDelete
  22. Saya juga bintik2 berisi air d telapak kaki,kalo d tusuk keluar air akan sembuh sementara.tapi ini terjadi pada saat musim panas saja,dan kulit kaki kering mengelupas.tpi kalo musim dingin,tidak masalah.kira2 ada nggak ya yg seperti saya,tolong yg tahu minta solusinya,terima kasih

    ReplyDelete
  23. Saya juga bintik2 berisi air d telapak kaki,kalo d tusuk keluar air akan sembuh sementara.tapi ini terjadi pada saat musim panas saja,dan kulit kaki kering mengelupas.tpi kalo musim dingin,tidak masalah.kira2 ada nggak ya yg seperti saya,tolong yg tahu minta solusinya,terima kasih

    ReplyDelete
  24. Saya juga bintik2 berisi air d telapak kaki,kalo d tusuk keluar air akan sembuh sementara.tapi ini terjadi pada saat musim panas saja,dan kulit kaki kering mengelupas.tpi kalo musim dingin,tidak masalah.kira2 ada nggak ya yg seperti saya,tolong yg tahu minta solusinya,terima kasih

    ReplyDelete
  25. Wah ternyata banyak juga ya yg kena penyakit ini termasuk saya. Dulu pernah bagian kura-kura/punggung kaki saking gatalnya sampai rusak kulit kaki saya. sampai skrg bahkan penyakit ini mungkin menginvasi tubuh saya. Jujur gatal ini kadang bikin saya frustasi

    ReplyDelete
  26. Saya juga bisa hampir tiap tahun kena dari kecil, kaki tangan. Tapi skrg seringnya tangan, melenting gitu berair kadang. Kalo pecah malah makin melebar. Gimana mencegahnya sblm makin menjadi..?

    ReplyDelete
  27. coba aja pakai super tetra. langsung di oles

    ReplyDelete
  28. Ikhlas aja jalanin hidup. Kayanya penyakit itu gara-gara kebanyakan dosa wikwkwk

    ReplyDelete
  29. Panyakit apa ini sungguh sangat menyiksa sudah 6 lebih ampun ampun

    ReplyDelete